Tips Sehat Untuk Pertumbuhan Tulang Anak

artikel tentang: Tips Sehat Untuk Pertumbuhan Tulang Anak

judul artikel: Nutrisi pengaruhi tinggi badan anak

 

Pertumbuhan tulang anak memang harus di perhatikan orang tua. Apalagi nutrisi yang mereka perlukan, berikut solusinya buat anak anda:

Menurut semua ahli, tinggi badan anak dipengaruhi oleh dua hal, faktor genetik dan nutrisi yang didapatkan oleh anak. Setelah beberapa saat, anak Anda mungkin tampak tidak tumbuh, namun saat dia mulai menginjak usia remaja, pertumbuhannya akan dimulai lagi. Lalu nutrisi apa saja yang diperlukan oleh anak? Dr Amitabh Pandit, seorang ahli nutrisi dan penulis buku BJAIN book, seperti dilansir oleh healthmeup.com, akan memberikan penjelasan pada Anda.
1. Kebutuhan vitamin A dan D

Sangat penting bagi anak untuk memiliki kulit, rambut, dan tulang yang tumbuh dengan baik dan sesuai. Untuk itu diperlukan vitamin A dan D. Ada dua macam vitamin D, yaitu vitamin D2 yang terbuat dari tumbuhan dan cholecalciferol, dan vitamin D3 yang dibuat oleh tubuh manusia ketika kulit terkena sinar UVB dari matahari. Vitamin D2 dan D3 membantu menyerap kalsium dan fosfor pada darah. Vitamin ini bisa diberikan melalui kuning telur, ikan, dan susu. Sementara vitamin A baik untuk penglihatan anak. Ini juga berperan dalam hal reproduksi pada metabolisme tulang anak. Vitamin A bisa didapatkan melalui wortel, bayam,dan kentang.
2. Kebutuhan kalsium

Kalsium adalah kunci dari pertumbuhan anak, karena kalsium berfungsi pada hampir keseluruhan bagian pertumbuhan tubuh seperti otot, tulang, bahkan sistem saraf. Selain susu, Anda bisa mendapatkan kalsium dari kacang almon, brokoli, kacang-kacangan, sayur-sayuran, jamur, telur, dan ikan sarden.

3. Kebutuhan protein

Protein dibutuhkan anak bagi pertumbuhan rambut, otot, kulit, dan organ-organ lain dalam tubuh. Karena tubuh kita tidak dapat menghasilkan protein, maka kita haru mengambilnya dari luar, yaitu makanan. Anda harus memilih protein yang baik, seperti daging, kacang kedelai, ayam, sayuran dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineralnya.
4. Kebutuhan serat

Serat sangat diperlukan untuk kesehatan pencernaan, jadi anak tidak akan mengalami konstipasi. Kurangnya serat juga berpengaruh pada buruknya berat badan. Anda perlu memberikan makanan yang kaya serat pada anak-anak, seperti apel, semangka, sayuran, kacang, dan salad.
5. Kebutuhan mineral

Mineral diperlukan anak untuk otak yang sehat, tulang yang baik, dan banyak perkembangan tubuh anak yang lain. Mineral yang penting bagi anak-anak adalah kalsium, seng, tembaga, mangan, kalium, kromium, selenium, dan zat besi.

Pencarian Tips Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in kesehatan dan pertumbuhan anak and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Current ye@r *