Tips Mencegah Kanker Tulang Dan Gejala Kanker Tulang

Judul Artikel : Pencegahan penyakit kanker tulang

Penyakit kanker tulang dapat dicegah seperti halnya penyakit lainnya. pencegahan kanker tulang ada beberapa cara yang dapat dilakukan sejak dini, yakni:

Melakukan penguatan terhadap tulang dengan cara memanen vitamin D melalui berjemur sebelum pukul 10 pagi di bawah sinar matahari langsung.
Mengembangkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang seimbang, empat sehat lima sempurna. Terutama makanan yang mengandung kalsium alami dengan jumlah yang cukup.
Olahraga yang teratur dapat menguatkan tulang karena banyak bergerak akan membuat komposisi tulang menjadi lebih padat. Lari dan senam adalah olahraga yang direkomendasikan baik untuk tulang.
Hindari makanan yang mengandung zat karsiogenik atau mengandung zat yang dapat menyebabkan kanker.
Tidak mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol.

Sepanjang manusia masih hidup, tulang manusia akan terus mengalami perkembangan dan perbaikan. Sehingga masih ada kesempatan untuk mencegah supaya kita tidak terkena kanker tulang. Memberikan asupan berupa makanan yang baik dan olahraga dapat membuat hidup anda lebih bahagia

Pencegahan kanker tulang kaki sebaiknya dilakukan sebelum terlambat. Caranya kenali rasa sakit yang sedang terasa. Jangan menyepelekan rasa sakit tersebut karena jika selalu disepelekan virus itu terus berkembang dan akhirnya menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak vitamin D. karena kebanyakan penyakit tulang disebabkan oleh kurangnya asupan vitamin D. Selain itu, perbanyak mengkonsumsi ikan dan susu kalsium. Ikan memiliki banyak kandungan kalsium terutama pada ikan laut. Susu kalsium pun saat ini sudah banyak, sehingga Anda tinggal memilih susu yang cocok untuk tubuh agar membuat tulang tetap kuat dan memperkecil resiko terkena kanker tulang kaki.dan kunsumsi makanan sehat seperti berikut :

Lidah buaya

Aloeride yang hadir dalam senyawa lidah buaya memiliki sifat anti kanker. Mengonsumsi lidah buaya setiap hari akan mencegah gejala kanker tulang.

Teh hijau

Khasiat anti kanker dari teh hijau sangat jelas dapat mencegah dan menyembuhkan kanker tulang. Minum dua cangkir teh hijau sehari dapat mengurangi risiko berkembangnya kanker tulang.

Vitamin A

Vitamin A penting untuk melawan kanker tulang. Termasuk buah-buahan dan sayuran yang merupakan sumber yang baik dari vitamin A.

Sinar matahari

Sinar UV matahari dapat membantu memroduksi vitamin D yang  mencegah berkembangnya sel-sel kanker.

Konsumsi herbal

Obat herbal seperti jahe, bupleurum, astragalus, jamur maitake, psoralea dan kunyit dapat dikonsumsi setiap hari untuk mencegah dan menyembuhkan kanker tulang.

Tanda Tanda Kanker Tulang

Nyeri. Seseorang yang terkena kanker tulang akan merasakan nyeri pada daerah tulang yang diserang. Nyeri ini biasanya berangsur-angsur meningkat dan memburuk, terutama ketika tulang digerakkan atau ketika malam hari.

Pembengkakan. Daerah sekitar tulang yang terkena kanker akan mengalami pembengkakan dan berwarna kemerahan. Bahkan jika pembengkakan terjadi di dekat suatu sendi, maka sendi tersebut akan sulit digerakkan.

Pelemahan tulang. Kanker tulang menyebabkan tulang menjadi lemah atau rapuh. Bahkan jika sudah parah, jatuh biasa atau cedera kecil saja bisa membuat tulang patah.

Tubuh terasa lelah.

Penurunan berat badan.

Demam.

Berkeringat, terutama pada malam hari.

Pada orang dewasa, gejala nyeri tulang kadang-kadang disalahartikan sebagai radang sendi. Pada anak-anak dan remaja, kadang-kadang disalahartikan sebagai efek samping dari pertumbuhan tulang. Sebaiknya temui dokter jika Anda atau anak Anda terus-menerus merasakan nyeri pada tulang selama lebih dari tiga hari.
Jenis-jenis kanker tulang

Berdasarkan tempat sel kanker bermula, ada tiga jenis kanker tulang yang umum terjadi, di antaranya:

Osteosarcoma. Kanker tulang ini berkembang di dalam jaringan baru pada tulang yang sedang tumbuh. Jenis ini biasanya menyerang tulang paha dan tulang betis. Osteosarcoma bisa diidap siapa saja, namun yang paling umum adalah remaja dan orang-orang yang baru menginjak usia dewasa.

Ewing’s sarcoma. Kanker tulang ini berkembang di dalam jaringan saraf yang belum dewasa pada sumsum tulang. Jenis ini biasanya menyerang tulang paha, tulang betis, dan tulang panggul. Ewing’s sarcoma lebih sering diidap remaja ketimbang orang dewasa.

Chondrosarcoma. Kanker tulang ini berkembang di dalam tulang rawan. Biasanya menyerang tulang paha, tulang panggul, tulang rusuk, tulang belikat, dan tulang lengan bagian atas. Chondrosarcoma biasanya diidap oleh orang-orang yang berusia 30-60 tahun.

Selain itu biasanya wanita menyukai sepatu yang berukuran cukup tinggi. Sebenarnya hal tersebut tidak baik untuk pertumbuhan tulang pada kaki. Terutama pada perkembangan tulang telapak kaki. Penghambatan tersebut juga akan mengakibatkan kanker tulang kaki. Oleh sebab itu sebaiknya jika menggunakan sepatu, sebaiknya menggunakan yang biasa saja agar pergerakan tulang kaki akan berkembang dengan baik dan terhindar dari kanker tulang tersebut. Karena pencegahan kanker tulang kaki sebaiknya dilakukan sebelum penyakit kanker melanda tubuh yang pada akhirnya akan membawa kelumpuhan, bahkan akan menyebabkan kematian bila secara terus menerus dibiarkan.

Sumber : Berbagai Sumber

Pencarian Tips Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in kalsium, kesehatan dan pertumbuhan anak, perawatan gigi dan tulang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Current ye@r *