Ternyata Ikan Lele Juga Baik Untuk Tulang Lho,,,,

Judul Artikel :  Manfaat Ikan Lele Untuk Tulang

Tulang mulai terbentuk sejak bayi dalam kandungan dan berlangsung terus sampai dekade kedua dalam susunannya yang teratur. Makanya, supaya tulang tumbuh dengan normal harus dijaga pertumbuhan dan kesehatannya sejak usia dini. Salah satunya tentu saja dengan mengonsumsi makanan yang tepat dan berolahraga secara teratur.

Sebagaimana diketahui bahwa makanan yang baik untuk tulang pada dasarnya terdiri dari dua yakni vitamin D dan juga kalsium. Vitamin D sangat diperlukan oleh tubuh karena peranannya dalam menyerap kalsium.

Sedangkan kalsium merupakan mineral penting dalam tubuh yang disimpan di dalam tulang. Kalau dalam keseharian Anda tidak mendapatkan kalsium maka kecenderungan tulang menjadi rapuh sangat besar yang mengakibatkan tulang akan mudah patah.Ikan lele merupakan jenis makanan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat kita karena rasanya yang enak dan juga harganya yang murah.

Ikan lele mengandung vitamin D dan juga kalsium yang baik untuk pertumbuhan dan memperkokoh tulang. Dalam setiap 100 gram daging ikan lele terkandung sebanyak 15 mg kalsium yang sangat berperan untuk menguatkan tulang.

Kaya Fosfor

Dilihat dari komposisi gizinya, ikan lele juga kaya fosfor. Nilai fosfor pada ikan lele lebih tinggi daripada nilai fosfor pada telur yang hanya 100 mg.
Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat, 80 persen berada pada tulang dan gigi. Fungsi utamanya sebagai pemberi energi dan kekuatan untuk metabolisme lemak dan pati, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, untuk sintesis DNA serta penyerapan dan pemakaian kalsium.
Kebutuhan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibanding saat-saat tidak mengandung karena ibu hamil butuh fosfor lebih banyak untuk tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari tulang sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Kebutuhan fosfor akan terpenuhi apabila konsumsi protein juga diperhatikan.
Dilihat dari perbandingan kalium dan natrium yang mencapai 24,5:1, ikan lele dapat digolongkan sebagai makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah. Makanan tergolong makanan sehat untuk jantung dan pembuluh darah bila mengandung rasio kalium terhadap natrium minimal 5:1.
Kalium diketahui bermanfaat untuk mengendalikan tekanan darah, terapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kalium juga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan tubuh.
Ikan Lele Kaya Asam lemak omega 3

Dalam Ikan Lele terdapat kandungan asam lemak omega 3 dan omega 6, seperti salmon. Nutrisi tersebut terkenal untuk menjaga kesehatan jantung dan juga otak manusia. Terutama anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Ikan Lele Kaya Protein

Di dalam ikan lele terdapat kurang lebih 15,6 gr protein pada 1 ekor lele ukuran sedang. Jumlah tersebut mampu menyuplai kebutuhan protein seseorang yang ingin membangun massa otot. Jadi, apabila ingin memiliki tubuh ideal dan padat berotot, maka mengkonsumsi ikan lele adalah salah satu solusinya yang tepat.

Ikan Lele Kaya Vitamin B 12

Kandungan vitamin B 12 juga dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh manusia. Vitamin ini berguna untuk membuat kita lebih berstamina, dan tidak mudah lelah dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. 1 ekor lele bisa memenuhi 40% kebutuhan vitamin B12 kita.
Ikan Lele Membantu Kesehatan Kardiovaskuler

Kalium dan natrium yang terdapat pada ikan lele yang mencapai 24,5 : 1 tergolong cukup tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan cardio dan pembuluh darah kita. Sebuah makanan di kategorikan baik untuk kesehatan jantung adalah jika perbandingan kalium terhadap natrium lebih dari 5 : 1.

Ikan Lele Dapat Membuat jantung dan otak sehat

Kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ada dalam ikan lele setara dengan mahal ikan salmon. Ikan lele mempunyai manfaat yang sama. Ikan lele mampu memberikan pasokan 220 mg asam lemak omega-3 serta 875 mg asam lemak omega-6.

Ikan Lele Baik Untuk Pembentukan Tulang dan Gigi

Mineral fosfor yang terdapat dalam Ikan Lele merupakan mineral yang sangat dibutuhkan tubuh. Mineral fosfor berperan aktif pada pembentukan tulang dan gigi. Kekurangan mineral fosfor kita dapat menderita tulang keropos yang pada akhirnya dapat mengalami kelumpuhan jika kekurangan asupan Mineral ini.

Ikan Lele Dapat Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Para peneliti telah menemukan manfaat yang lain asam lemak omega 3, yaitu mampu membantu menurunkan tekanan darah. juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit, terutama dari ekzema dan dermatitis, serta dapat membantu dalam pembentukan cerebral cortese otak.

Ikan Lele Dapat Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Kandungan omega-3 yang terdapat pada ikan lele sangat baik untuk membantu proses mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. jadi jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi ikan lele ini.
Kalau Anda bosan dengan satu jenis makanan tersebut, maka bisa ditukar dengan jenis makanan lainnya yang sama-sama mengandung kalsium dan vitamin D sehingga manfaatnya setara. Demi kesehatan tulang Anda, kecukupan kalsium dan vitamin D-nya harus terpenuhi dengan baik dan cukup.

Sumber : Berbagai Sumber

Pencarian Tips Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in kalsium, perawatan gigi dan tulang and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Current ye@r *