Manfaat Kacang Ijo Menjaga Kekuatan Tulang Dan Gigi

Judul Artikel : Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tulang

Kacang hijau merupakan tanaman jenis polong-polongan yang mempunyai kandungan gizi yang cukup tinggi seperti protein, Vitamin , serat, fosfor, kalsium dan lemak tak jenuh yang tentunya sangat baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh.

Kacang hijau tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita dan dapat ditemukan dengan mudah dengan harga yang terjangkau, selain itu kacang hijau bisa dibuat bermacam-macam makanan olahan seperti kue, onde-onde, bubur kacang hijau, es kacang hijau, sereal untuk anak, puding dan masih banyak lainnya.

Untuk mendapatkan manfaat yang baik dari kacang hijau sebaiknya kacang hijau tidak dimasak terlalu matang karena akan mengurangi kandungan gizi di dalamnya, dan air rebusan kacang hijau juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan sangat membantu untuk proses penyembuhan luka.
Kacang hijau biasanya sering dijadikan berbagai jenis makanan ringan. Yang lebih istimewa dari kacang hijau dapat di jadikan tepung biji kacang hijau atau yang biasa di sebut dengan tepung hunkwe. Selain itu, air rebusan kacang hijau juga bisa dimanfaatkan untuk membantu untuk menjaga kesehatan tubuh.

.

KANDUNGAN GIZI DALAM 100 G KACANG HIJAU

Energi 345 kal
Protein 22,2 g
Lemak 1,2 g
Karbohidrat 62,9 g
Serat 4,1 g
Kalsium 125 mg
Fosfor (320) mg
Besi 6,7 mg
Vitamin A 157 IU
Vitamin B1 0,64 mg
Vitamin C 6 mg
Air 10 g

Kaya serat, kacang hijau yang sering di olah menjadi berbagai macam makanan ini ternyata sangat tinggi kandungan serta yakni 4,1 gr per 100 gr. Kandungan serat yang berada di dalam kacang hijau ini akan mampu mencukupi kebutuhan serat hingga 30%.

Enzim aktif, soybean yang memiliki kandungan enzim aktif ini seringnya berada di kacang hijau yang sedang mengalami masa kecambahan. Sayangnya enzim aktif ini bisa rusak di suhu yang tinggi seperti melebihi 400 derajat, oleh sebab itu hindari memasak kacang hijau di suhu yang tinggi.

Mineral, dalam 100 gr soybean memiliki 266 mg potasium 48 mg mangan, 0,3 mg magnesium, 2,5 mg selenium, mineral ini sangat bermanfaat untuk tubuh.

Asam lemak esensial, di butiran soybean memiliki kandungan lemak esensial yakni omega 3. Di 100 mg kacang hijau memiliki kandungan 119 mg omega 6 serta 0,9 mg omega 3. Omega 3 ini asam lemak yang memiliki fungsi sebagai penurun kolesterol.

Menjaga kesehatan jantung

Sebagai salah satu organ vital, menjaga kesehatan jantung sangatlah penting. Bukan cuma olahraga, tapi juga harus mengkonsumsi makanan-makanan yang baik untuk jantung, salah satunya adalah kacang hijau. Kandungan serat dalam kacang hijau mampu menyerap lemak sehingga tidak menjadi flak dalam pembuluh darah yang menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke.

Menguatkan tulang

Kalsium dan fosfor merupakan mineral penting yang dapat menjaga kekuatan tulang dan gigi. Termasuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak serta mencegah osteoporosis pada orang dewasa.
Manfaat Lainnya

Untuk menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang terkandung dalam kacang hijau dapat menjaga kesehatan mata sekaligus mencegah infeksi pada mata. Konsumsi kacang hijau juga dianjurkan bagi anda yang sedang dalam proses penyembuhan luka pasca operasi.
Dapat mengatasi kanker usus

Dengan kandungan serat tinggi pada kacang hijau dapat membersihkan pencernaan dari bakteri dan zat racun. Manfaat kacang hijau disini adalah menetralisir gangguan pencernaan sehingga terhindar dari penyakit kanker usus.
 Untuk kesehatan ibu hamil dan janin

Dokter kandungan menyarankan untuk ibu hamil agar rutin mengkonsumsi kacang hijau. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan janin yaitu untuk memperoleh asupan nutrisi untuk kesehatan janin dan ibu hamil. Nutrisi kacang hijau yang diperlukan oleh ibu hamil yaitu asam folat, vitamin B1, vitamin B2, karbohidrat, kalsium, lemak tak jenuh, protein dan fosfor.
 Dapat melancarkan aliran darah

Lemak jenuh yang terdapat pada arteri akan hilang jika kita sering makan kacang hijau sehingga peredaran darah akan lancar.
 Dapat berguna sebagai anti-oksidan

Dengan kandungan nutrisi dan vitamin pada kacang hijau, maka dapat membantu Anda dalam mencegah penuaan dini dan terhindar dari penyakit kanker yang mematikan.
Jadi mulai sekarang sering-seringlah mengkonsumsi kacang hijau yang sudah diolah dengan bermacam pilihan sesuai dengan selera anda, karena dengan sering mengkonsuksi kacang hijau akan membantu kesehatan tubuh serta sangat baik untuk ibu yang sedang hamil, semoga artikel yang berjudul Manfaat kacang hijau untuk kesehatan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Sumber : Berbagai Sumber

Pencarian Tips Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in kalsium, perawatan gigi dan tulang and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Current ye@r *