Vitamin K Berperan Penting Dalam Pembentukan Tulang.

Judul Artikel : Apa itu vitamin K?

Dalam kehidupan sehari-hari vitamin K sering disebut Koagulasi. Vitamin K termasuk vitamin yang tak larut dalam air, ia hanya bias larut dalam lemak. Jenis vitamin ini memiliki sifat tahan panas, namun akan cepat rusak jika tercampur dengan asam, basa, dan sinar matahari. Peranan penting vitamin K adalah memberikan lebih kurang 80nutrisi yang diperlukan tubuh kita.

Apa fungsi vitamin K?

Fungsi vitamin K pada umumnya adalah membantu penyerapan zat kalsium yang kita dapat dari konsumsi makanan sehari-hari. Jadi vitamin ini sangat berperan penting dalam pembentukan tulang. Berikut beberapa manfaat vitamin K untuk tubuh kita:

Sebagai pengontrol pada saat proses pembekuan darah.
Mengurangi resiko osteoporosis dan pembengkokan pada tulang belakang.
Mengontrol kelebihan kalsium.
Mengobati diabetes.

Apa akibatnya jika kita kekurangan vitamin K?

Banyak efek negatif jika kita tak memenuhi kebutuhan vitamin K. Apa jadinya jika kita kekurangan vitamin K? Berikut gejala yang perlu kita ketahui jika kita kekurangan vitamin K:

Saat tubuh kita terluka, maka darah akan sulit membeku sehingga bias menyebabkan pendarahan.
Bagi kaum hawa, saat menstruasi maka darah akan banyak keluar, itu sebenarnya terjadi pendarahan ringan pada dinding rahim.
Jika tubuh kita terbentur benda tumpul maka tubuh akan mudah memar.
Sangat rentan terhadap patah tulang pada saat kita cedera.
Mudah terserang osteoporosis.
Brokoli (100 mcg / 125 ml)

Brokoli termasuk sebagai sayuran persilangan dengan rasa yang renyah dan sangat menyegarkan. Brokoli memiliki warna hijau alami yang ternyata mengandung bahan antioksidan untuk mencegah kanker seperti jenis kanker payudara, kanker leher rahim, dan prostat. Brokoli juga sangat baik untuk menjaga agar hati tetap sehat. Konsumsi brokoli menjadi jus atau sup dan masak sebentar saja.

Manfaat brokoli untuk kesehatan, antaralain:

Mencegah berbagai jenis kanker karena mengandung bahan antioksidan dan menjaga sistem kekebalan tubuh.
Menurunkan kolesterol karena mengandung serat larut yang sangat baik untuk mendorong proses lemak jenuh dalam tubuh. (baca juga : makanan penurun kolesterol tinggi super cepat)
Mengandung vitamin K alami yang sangat baik untuk mencegah kerapuhan tulang dan mencegah osteoporosis untuk wanita yang sudah menopause.
Lobak Hijau (350 mcg / 125 ml)

 

Jenis lobak hijau memiliki ukuran umbi yang kecil seperti kentang, namun termasuk dalam sayuran persilangan seperti kale dan brokoli. Memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang sedikit pahit karena mengandung kalsium dalam jumlah yang tinggi. Konsumsi lobak hijau yang sangat disarankan adalah menjadi salad yang dicampur dengan minyak wijen.

Manfaat mengkonsumsi lobak hijau secara rutin adalah:

Mengandung bahan antioksidan yang sangat tinggi yang berguna untuk mencegah berbagai jenis kanker seperti kanker payudara, paru-paru, prostat dan kanker ovarium.
Mengandung glukosinates yang bisa menjaga proses enzim agar bisa melakukan detoksifikasi secara alami dari dalam tubuh.
Mengandung vitamin K yang sangat baik untuk mencegah kerapuhan tulang dan memberikan respon yang sangat baik untuk penyakit peradangan pada seperti tumor dan kanker.
Bit (350 mcg / 125 ml)

Manfaat Buah Bit

Bit adalah sayuran khas Mediteranian yang mulai dikenal sejak 2000 SM. Bit memiliki ubi berwarna merah dengan daun berwarna hijau. Ubi bit bisa dikonsumsi dengan cara diolah menjadi campuran jus atau salad. Bit juga bisa dijadikan campuran sup namun sebaiknya dimasak dalam waktu yang singkat saja.

Konsumsi buah bit secara rutin bisa memberikan beberapa manfaat seperti:

Mengandung fosfor, seng, serat, vitamin B6, kalium, magnesium, mangan dan lemak dalam jumlah yang sedikit sehingga sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol dan memelihara kesehatan tubuh.
Buah bit sangat baik untuk membantu proses pembekuan darah, menangkap kerapuhan tulang dan meningkatkan kekuatan syaraf.
Buah bit juga sangat baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan membuat produksi sel darah putih lebih baik sehingga sistem antibodi menjadi lebih kuat.
Bayam (480 mcg / 125 ml)

Bayam menjadi sayuran hijau yang sangat lengkap, karena mengandung berbagai jenis nutrisi seperti kalsium, magnesium, riboflavin, zat besi, folat, vitamin A dan vitamin C. Bayam sangat baik dikonsumsi rutin karena bisa membuat sistem kekebalan tubuh lebih baik dan menjadi sumber vitamin K yang cukup tinggi.

Beberapa manfaat mengkonsumsi bayam secara rutin yaitu:

Vitamin K dalam bayam sangat baik untuk menjaga pertumbuhan tulang dan mempertahankan sistem sel agar tetap sehat.
Bayam bisa dikonsumsi mentah maupun masak dan bisa membuat sistem pencernaan lebih sehat dan bisa menjadi makanan yang sangat baik untuk diet.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat makanan yang mengandung vitamin K sebaiknya selalu dikonsumsi dengan lemak tak jenuh. Kasus kekurangan vitamin K memang sangat jarang terjadi, namun jika kekurangan vitamin K maka bisa menempatkan Anda pada resiko penyakit seperti Alzheimer, penyakit jantung dan osteoporosis.

Sumber : Halosehat n ManfaatSehatnya



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in kalsium, osteoporosis, perawatan gigi dan tulang and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Current ye@r *