Awas Kebiasaan Sepele Ini Bisa Memicu Kerusakan Gigi

Image result for hal yang dapat merusak gigi

Memiliki gigi yang sehat dan putih merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi sebagian orang. Gigi yang putih dan bersih memang membuat kita merasa lebih percaya diri ketika tersenyum atau berbicara kepada orang lain. Begitu pula sebaliknya, gigi yang tidak terawat mungkin akan mengurangi rasa percaya diri. Gigi yang tidak sehat pun dapat memicu bau pada mulut. Oleh karena itu, kesehatan gigi dan gusi memang harus diperhatikan. Namun tahukah kamu? Banyak kebiasaan yang kita lakukan yang dapat menyebabkan rusak dan sakitnya gigi kita?
Berikut ini beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan rusaknya gigi:

Hanya Menggunakan Satu Sisi Untuk Mengunyah

Karena memang sudah menjadi kebiasaan dan malas untuk mengubahnya, maka kamu hanya akan menggunakan salah satu sisi dari mulut kamu untuk mengunyah makanan. Padahal hal ini bisa membuat gigi terasa sakit atau nyeri pada sisi tersebut. Selain itu, hal ini juga bisa menyebabkan kelainan atau bahkan masalah serius rahang kamu.

Menggesekkan Gigi Atas dan Gigi Bawah

Saat sedang tertidur, gemas atau sedang stres, mungkin kamu bakalan menggesekkan gigi atas dan gigi bawah kamu. Ada yang melakukan ini sengaja, namun kebanyakan tidak sengaja. Kebiasaan ini bisa membuat struktur gigi rusak, mengikis enamel permukaan gigi dan juga membuat tambalan rusak.

Menggunakan gigi sebagai alat bantu

Membuka kantong keripik yang terbuat dari aluminium foil dan melonggarkan simpul menggunakan gigi ternyata dapat menyebabkan gigi retak dan pecah, serta merusak perawatan gigi yang sedang dilakukan. Kebiasaan lain yang merusak gigi adalah mengunyah es batu, cokelat yang sudah membeku, atau permen.

Berlebihan konsumsi cuka apel

Cuka apel memiliki manfaat luar biasa yang berkaitan dengan penurunan berat badan. Sebab minum cuka apel akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Namun kandungan asam asetat dalam cuka apel akan menyebabkan erosi email gigi yang membuat sensitivitas gigi jadi lebih lemah.

Menghisap Rokok

Mungkin kamu sudah sering lihat gigi atau mulut para perokok, yaitu gigi mereka hitam atau bahkan habis terkikis. Masalah itu terjadi karena nikotin atau racun yang ada pada rokok. Selain itu, rokok juga akan menyebabkan bau mulut dan noda di gigi. Dan yang lebih parah adalah banyak penyakit gusi yang bisa terjadi.

Doyan ngemil yang tidak sehat

Setiap kali kita makan sesuatu, apalagi yang manis atau mengandung tepung, bakteri yang biasa hidup di dalam mulut akan menciptakan asam untuk memecah makanan tersebut. Namun asam ini juga bisa menyerang gigi, menyebabkan gigi rusak. Sebagai gantinya, pilih buah-buahan dan sayuran yang renyah (seperti apel atau wortel) baik sebagai lauk maupun sebagai cemilan. Para ahli kesehatan gigi bahkan mempertimbangkan jenis makanan seperti ini sebagai sikat gigi alami karena efeknya pada plak yang bagaikan detergen. Mengunyah permen karet tanpa gula juga membantu mencegah lubang gigi, dengan meningkatkan aliran liur. Liur yang mengalir akan mengusir bakteri penyebab lubang gigi.
Jadi untuk anda sebaiknya menjaga gigi agar tidak rusak dan membuat penampilan anda kurang baik ,semoga bermanfaat,terimakasih sudah membaca

Sumber: Berbagai sumber

Pencarian Tips Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in perawatan gigi dan tulang and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Current ye@r *