Tips Menghilangkan Plak Pada Gigi Dengan Cara Mudah

Image result for cara mudah mencegah karang gigi

Cara menghilangkan karang gigi banyak diburu oleh masyarakat. Karang gigi adalah salah satu masalah pada gigi yang tak bisa Anda entengkan begitu saja. Mungkin, ketika karang hanya sedikit, Anda masih bisa menyembunyikannya. Lalu bagaimana jika karang gigi tersebut terus menumpuk di gigi Anda? Apa yang akan terjadi pada gigi Anda? Ya, gigi pastinya sudah tak nampak indah karena bekas makanan yang sudah berwarna kuning atau bahkan hitam akan membordir gigi Anda
.
Belum lagi, semakin lama karang gigi tersebut juga dapat menggerogoti gigi hingga gigi gampang keropos dan rusak. Untuk itu, Anda sebaiknya menyimak informasi tentang tips menghilangkan karang gigi dibawah ini.
Sayangnya, sebaik apapun kita menjaga kebersihan dan merawat gigi di rumah, bakteri tetap saja bisa bersarang dalam rongga mulut. Bakteri tersebut kemudian mencampurkan protein dan sisa makanan untuk membentuk lapisan bertekstur lengket yang dinamakan plak. Plak inilah yang biasanya menutupi permukaan gigi, dan karena mengandung bakteri, maka plak juga dapat merusak email sehingga memicu timbulnya lubang.

Baking soda

Basahi sikat gigi, bubuhkan baking soda ke atasnya, lalu sikat gigi dengan itu. Anda juga boleh menambahkan sedikit garam agar proses membersihkan kian maksimal.
Tak hanya ampuh untuk menghilangkan karang gigi, baking soda juga bisa dipakai sebagai bahan pembuat mouthwash alami. Anda tinggal mencampurkan 1,5 cangkir baking soda dengan 1 cangkir air, 10 tetes minyak esensial lemon, 4 sdt gliserin (pilih yang 100% sayuran/ tumbuhan) , dan 1 sdt gel lidah buaya. Campur semua bahan dan simpan dalam botol, gunakan untuk berkumur 1-2 kali sehari.

Sedikit catatan penting, meski hampir semua pasta gigi menggunakan gliserin, namun banyak dokter gigi mengatakan bahwa gliserin bisa memperlemah tekstur gigi karena sifatnya yang menghambat proses remineralisasi.

Strawberry dan tomat

Baik strawberry maupun tomat merupakan sumber vitamin C, yang mana antioksidan ini baik untuk kesehatan rongga mulut. Anda tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi. Setelah itu berkumurlah dengan air hangat yang dicampur baking soda untuk menghapus plak, sehingga gigi bisa tampil lebih putih.

Keju Berita gembira datang untuk Anda penggemar keju terutama jenis Swiss dan Cheddar. Mengonsumsi salah satu keju tersebut sebelum makan, ternyata bisa membantu menetralkan asam yang memicu timbulnya plak. Semakin tua usia kejunya, maka kian baik adanya. Kalau keju terlalu mahal, maka Anda dapat mempraktikkan saran dari The Student Care Center dari Universitas Chicago. Saran dari mereka adalah konsumsilah kacang mentah untuk mendapat efek penetral asam yang sama.

Pewarna makanan

Gunakan pewarna makanan untuk mendeteksi keberadaan plak di gigi. Pertama, bubuhkan sedikit petroleum jelly ke bibir untuk mencegahnya ternoda, lalu teteskan sedikit pewarna makanan ke dalam 1 sdt air, dan kulum itu sejenak. Setelah meludahkannya, bilas dengan air bersih, dan amati area yang berwarna. Lalu fokuskan menggosok area tersebut agar lebih efektif dalam menghilangkan karang gigi.

Gunakan Kulit Jeruk

Salah satu cara mudah membersihkan karang gigi sendiri adalah dengan mengusapkan kulit jeruk langsung pada gigi yang bermasalah. Namun, jangan langsung kumur-kumur dan dibersihkan. Biarkan semalaman selama anda tidur, dan baru berkumur-kumur. Kandungan yang ada dalam kulit jeruk ini dapat memerangi mikro-organisme pada gigi, dan mematikan bakteri penyebab bau mulut dan karang gigi.]

Mengunyah Biji Wijen

Ya, ternyata biji wijen juga bisa membantu menghilangkan karang pada gigi anda juga loh! Caranya pun mudah :

Cukup kunyah biji wijen secara perlahan pada semua bagian gigi, namun jangan sampai ditelan.
Kemudian, sikat gigi dengan kering selagi biji wijen masih ada di dalam mulut.
Biji wijen ini akan berfungsi sebagai scrubs pembersih gigi anda, yang dapat membersihkan dan ‘memoles’ gigi agar bersih dan terhindar dari karang gigi.

Demikian beberapa tips mengatasi karang gigi yang bisa Anda lakukan sendiri tanpa harus pergi ke dokter gigi. Cara diatas akan efektif jika Anda melakukannya secara tekun dan konsisten. Selamat mencoba.

Sumber : mediskus/sumber lainnya

Pencarian Tips Terbaru:



Suami Betah di Rumah 468

This entry was posted in perawatan gigi dan tulang and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

Current ye@r *